[ endhoot ]

endhoot at the first time being BLOGger was so GO-BLOG for nge-BLOG in the BLOGspot and made a JE-BLOG one

Monday, April 28, 2008

JAD and JAR

Apa sih bedanya?

Tiap kali mo donlot program dari internet untuk hp pasti ada 2 pilihan itu, .jad ato .jar. Kalo donlotnya ditaro di PC dulu sih gpp, ntar tinggal milih. Lha kalo donlot via hp kan ngabis2in jatah benwit ato pulsa :p (ga mau rugi... heheheh). Karena blank, aku nanya ke Kampung Gajah. Dari sekian gajah yang reply, 1 menjawab dengan benar, tapi aku masih kurang paham akan penjelasannya dan mengakibatkan si penjawab pundung dan ngambeg... duh! Dan 1 gajah lagi menyarankan untuk gugling. Ya ya ya ya... aku males gugling karena lemotnya koneksi dan biasanya (kalo sedang beruntung) jawaban lebih cepat didapat melalui milis gila tsb. Karena belum mendapatkan jawaban yang memuaskan, akhirnya gugling juga deh. Dan menemukan jawabannya di Wikipedia. Lumayan pahamlah setelah ngobrol dengan tante Wiki.
JAD :
Java Application Descriptor (JAD) files describe the MIDlets (Java ME applications) that are distributed as JAR files.

JAR :
In computing, a JAR file (or Java ARchive) is used for aggregating many files into one. It is generally used to distribute Java classes and associated metadata.
Oh... jadi .jar itu mirip .zip gitu deh. Dan memang kalo donlot emang biasanya si .jar yang diambil.

Kenapa aku nyari2 perbedaannya sih?

Karena aku mo donlot langsung via hp program chatting si YMTiny, dan di situ ada 2 pilihan file tersebut. .jar udah kedonlot dg besar file 187kb, sedangkan .jad ternyata sebesar 343kb. Wah, bisa bengkak lagi tagihan HALO nih, padahal sedang males ganti simcard. Makanya sebelum memutuskan donlot enggaknya si .jad ini, aku nanya dulu ke gajah-gajah. Dan setelah mendapatkan jawaban yang cukup memuaskan, si .jad ga jadi aku donlot. Ntar aja kalo kiranya emang dibutuhkan baru deh donlot, tentu ganti simcard dulu dongs aw :p

Sedangkan untuk YMTiny-nya belum aku coba. Ntar aja di rumah, sekalian ganti simcard dan lanjutin nyari credit Packrat.

Labels:

5 Comments:

At April 29, 2008 9:42 AM, Blogger Imansyahâ„¢ said...

Emangnya .jar bisa dipake tanpa .jad nya? Kalo di hapeku sih, nge-klik salah satu buat nginstall, langsung nge-donlot dua-duanya. Cek deh.

 
At April 29, 2008 9:43 AM, Blogger Imansyahâ„¢ said...

Oia btw. Pake shmessenger donk ah. Bisa full keyboard, pula! :D

 
At April 29, 2008 10:52 AM, Anonymous endhoot said...

kalo sebelum2nya kan aku donlot dulu di PC baru pindahin ke hp, dan biasanya yg aku donlot yg .jar-nya, dan so far baik2 saja tuh. eh tapi kebanyak games sih.

shmessenger? bisa dipake di hp K300i-ku? ntar cobain deh

dan kemaren nyoba YMTiny emang belum berhasil, kayaknya sih efek sinyal di rumah yg ga jelas itu (bukan providermu, mBu)

 
At April 30, 2008 3:21 AM, Anonymous Free ebook download said...

mmmm, bagus sekali idenya

Jamber

boleh gabung di blogrollnya mbak ?

 
At July 04, 2008 1:43 PM, Anonymous Yusuf said...

JAD, seperti yg dibilang diatas, adalah file yg mendeskripsikan sebuah JAR. Sebenarnya inti aplikasi ada di JAR. Namun beberapa ponsel ga bisa instal langsung dari JAR sehingga butuh JAD. Beberapa ponsel lainnya bisa langsung instal tanpa JAD.

Dan ukuran JAD ga sebesar itu, mungkin maksudnya 343b bukan 343kb. Jadi ga perlu khawatir tagihannya membengkak :)

YMTiny

 

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home

Wall of Sh[F]ame