[ endhoot ]

endhoot at the first time being BLOGger was so GO-BLOG for nge-BLOG in the BLOGspot and made a JE-BLOG one

Wednesday, August 15, 2007

6 Pertanyaan Mak JLEB

Dapet forwardan dari adik kelas di milis EDUA. Sepertinya sih email ini pasti udah lama berputar-putar melanglang buana, entah aku udah pernah nerima ato belum, yang pasti sih udah basbang-lah... hehehhee... Tapi isinya cukup bagus.

6 PERTANYAAN GURU

Suatu hari seorang guru berkumpul dengan murid-muridnya. Lalu beliau mengajukan enam pertanyaan.

Pertanyaan pertama, "Apa yang paling dekat dengan diri kita di dunia ini?"
Murid-muridnya ada yang menjawab, "Orang tua!", "Guru!", "Teman!", dan "Kerabatnya!"
Sang guru menjelaskan semua jawaban itu benar, tetapi yang paling dekat dengan kita adalah KEMATIAN, sebab kematian adalah PASTI adanya.

Lalu sang guru meneruskan pertanyaan kedua, "Apa yang paling jauh dari diri kita di dunia ini?"
Murid-muridnya ada yang menjawab, "Negara Cina!", "Bulan!", "Matahari!", dan "Bintang-bintang!"
Lalu sang guru menjelaskan bahwa semua jawaban yang diberikan adalah benar, tapi yang paling jauh dari diri kita adalah MASA LALU. Siapa pun kita, bagaimana pun kita, dan betapa kayanya kita, tetap kita TIDAK bisa kembali ke masa lalu. Sebab itu kita harus menjaga hari ini dan hari-hari yang akan datang.

Sang guru meneruskan dengan pertanyaan yang ketiga, "Apa yang paling besar di dunia ini?"
Murid-muridnya ada yang menjawab, "Gunung!", "Bumi!", dan "Matahari!"
Semua jawaban itu benar kata sang guru, tapi yang paling besar dari yang ada di dunia ini adalah NAFSU. Banyak manusia menjadi celaka karena memperturutkan hawa nafsunya. Segala cara dihalalkan demi mewujudkan impian nafsu. Karena itu, kita harus hati-hati dengan hawa nafsu ini, jangan sampai nafsu membawa kita ke neraka (atau kesengsaraan dunia dan akhirat).

Pertanyaan keempat adalah, "Apa yang paling berat di dunia ini?"
Di antara muridnya ada yang menjawab, "Baja!", "Besi!", dan "Gajah!" (eh... gajah? hihihii...)
"Semua jawaban hampir benar," kata sang guru, tapi yang paling berat di dunia adalah MEMEGANG AMANAH.

Pertanyaan yang kelima adalah, "Apa yang paling ringan di dunia ini?"
Ada yang menjawab, "Kapas!", "Angin!", "Debu!", dan "Daun-daunan!"
"Semua itu benar," kata Imam Ghazali, tapi yang paling ringan di dunia ini adalah MENINGGALKAN IBADAH.

Lalu pertanyaan keenam adalah, "Apakah yang paling tajam di dunia ini?"
Murid-muridnya menjawab dengan serentak, "PEDANG!!!"
"(hampir) Benar," kata sang guru, tetapi yang paling tajam adalah di dunia adalah LIDAH MANUSIA. Karena melalui lidah, manusia dengan mudahnya menyakiti hati dan melukai perasaan saudaranya sendiri.

Haduh... haduh... aku kok merasa MAK JLEB gini yah... terutama pertanyaan nomer 5... errrr... though to be a better person each day is not easy, but we have to try. Makasih buat yang udah 'nendang' email ini ke milis sehingga terbaca olehku.

Labels:

6 Comments:

At August 17, 2007 9:27 PM, Blogger M Fahmi Aulia said...

lho, ini kan nasehat Imam Ghazali ke murid2nya..kalo ndak salah..

ah, kupipes kok...ah, sudahlah.
:-"

 
At August 23, 2007 10:28 AM, Blogger rieri said...

berat banget bun.....jadi takut...

 
At August 25, 2007 12:08 AM, Blogger Bimo Septyo Prabowo said...

jadi inget diri sendiri

 
At August 29, 2007 4:35 PM, Blogger Adv4ntur3 said...

Gimana want to be a better person each day... Jalan mulu... xixixii:)

 
At August 30, 2007 6:07 PM, Anonymous dian ina said...

lidah siapa yang mau dipotong pake pedang setan, bunda?
*spidriding*

 
At September 07, 2007 8:57 AM, Blogger Kiyat said...

Iya..Nomor 5 bentar lg di uji :D

 

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home

Wall of Sh[F]ame