[ endhoot ]

endhoot at the first time being BLOGger was so GO-BLOG for nge-BLOG in the BLOGspot and made a JE-BLOG one

Saturday, July 22, 2006

Nangka

Di rumah Madiun ada sebuah pohon nangka yang telah berbuah berkali2, rasanya yang manis dan daging buahnya yang tebal dan buahnya yang ga lembek membuatku jatuh cinta, dan selalu meminta Mama untuk mengirimnya ke Bandung kalo nangkanya berbuah. Beberapa kali dikirimi sama Mama, tiap kali makan nangka selalu tak lupa untuk membuang bijinya ke halaman.

Beberapa lama kemudian, biji2 yang aku buang mulai menampakkan diri menjadi beberapa pohon kecil yang tersebar di sepanjang pinggir pagar. Beberapa tahun kemudian (2 ato 3 th ya) pohon2nya mulai membesar dan meninggi dan mulai tampak berbuah kecil banyak. Tunggu, tunggu, dan menunggu dengan sabar. Sebagian besar buah kecil tadi rontok dan jatuh. Sebagian kecil mulai menampakkan hasil.

Total ada 3 pohon yang berhasil berbuah, tapi yang 1 pohon tampaknya gagal membuat buahnya menjadi besar dan matang. Akhirnya, sekitar 1-2 bulan yang lalu, aku berhasil menikmati buah pertama. Rasa dan ketebalan daging ga jauh beda dengan yang dari Madiun. Slurp.... enyak enyak enyak... Buah pertama memang yang paling besar. Aku di rumah mungkin hanya makan 1/3, sedangkan yang 2/3 dibagi2kan ke tetangga komplek karena nangka kalo udah dibuka dan nginep di kulkas sudah ga menarik lagi.

Biasanya kalo mateng itu buahnya dah merekah dan mengeluarkan bau wangi nangka, tapi entah kenapa yang aku punya ini kok ga terlalu mengeluarkan bau wangi nangka, tapi dia merekah dan di satu tempat menghitam agak membusuk. Mamaku bilang kalo nangka buah pertama dah dipetik ketika masih muda, maka buah selanjutnya ga akan bisa mateng, dia akan mentok di saat sama seperti pertama kali di petik itu. Dan kemungkinan kalo dipetik muda akan jadi nangka sayur. Entah benar ato tidak, aku belum membuktikannya. Kalo ga salah, dari 2 pohon itu hanya berhasil 4 buah yang mateng. Ke-1 yaitu buah yang pertama itu, ke-2 udah dipanen juga, ke-3 dibawa ipar ke Jakarta, dan ke-4 masih nunggu di pu'un buat mateng. Ntar yah, ijin dulu ama yang punya halaman, kalo boleh kita pesta nangka deh di rumah... hehehhehe..... Moga2 aja tuh nangka bisa jadi.

Labels:

7 Comments:

At July 22, 2006 7:59 PM, Anonymous surur said...

Hore... asyik
siap-siap pesta nangka euy
hehehehe

 
At July 23, 2006 7:58 AM, Anonymous andriansah said...

1/3 pohon buat sendiri?

 
At July 23, 2006 11:01 AM, Anonymous adams said...

dibikin kripink pasti enak!

 
At July 24, 2006 10:10 AM, Anonymous lea said...

*rebut nangka dari tangan bunda*

 
At July 24, 2006 11:24 AM, Anonymous jesie said...

Duh nangka..., di bikin jus enak, di olah jadi kripik jg enak, ditambul langsung jg enak.

Yang gak enak, kena getahnya baca blog ini cuman bisa ileran dan krijep2 ngimpi makan nangka:D



*siap2 ke pasar nyari nangka*

 
At July 24, 2006 6:08 PM, Anonymous isdah said...

wew... digawe kolok enak ikuy... *malah pengen...*

 
At August 04, 2006 1:13 PM, Blogger endhoot said...

Susur :
Moga2 bisa jadi ya buahnya

Andri :
1/3 pohon?
1/3 buah nangka yang gede

Adams :
Gak seru!
Enak dimakan langsung!

Lea :
*lemparin Lea ama biji2 nangka*

nJes :
Enak dimakan langsuuuuuunnnggggggg!!!

Isdah :
You mean kolak?
Ga! Ga enak! Eman nek digawe kolak!

 

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home

Wall of Sh[F]ame