[ endhoot ]

endhoot at the first time being BLOGger was so GO-BLOG for nge-BLOG in the BLOGspot and made a JE-BLOG one

Saturday, March 17, 2007

Cireng

Cireng, makanan khas Bandung... eh loh kok kata Wiki makanan khas Jakarta ya... *garuk2 sambil kupipes*
"Cireng atau dapat disebut juga dengan Aci Goreng merupakan makanan khas Jakarta. Termasuk ke dalam makanan strata menengah - bawah. Cireng dalam bentuk berbeda biasanya dijual untuk konsumsi murid-murid SD. Makanan ini cukup terkenal pada era 80-an. Bahan makanan ini antara lain terdiri dari tepung kanji, tepung terigu, air, merica bubuk, garam, bawang putih, kedelai, daun bawang dan minyak goreng."
Di daerah Simpang Dago, Bandung, ada yang menjual cireng dengan berbagai macam rasa. Seperti pada cireng di jl. Cipaganti yang berisi bumbu kacang (rasanya sih rasa sambel pecel gitu), cireng aneka rasa ini diisi dengan oncom, baso, sosis, ayam, sapi, keju, atau kornet. Entah seperti apa rasanya karena aku belum berani mencoba rasa yang bermacam2 itu. Dan ternyata dari 2 macam rasa yang aku coba (bumbu kacang dan oncom), lebih terasa gurih yang isi oncom. Untuk yang isi bumbu kacang sepertinya cireng Cipaganti tak terkalahkan rasanya.



Eh ada resepnya, tapi yang cireng konvensional, ngambil dari sini nih :

Bahan:

  • 100 g tepung kanji
  • 1 sdm tepung terigu
  • 75 ml air
  • ½ sdt merica bubuk
  • 1 sdt garam
  • 1 siung bawang putih, parut
  • 30 g kedelai putih, rendam hingga lunak, tiriskan
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • minyak goreng

Cara membuat:

  • Aduk tepung dengan air, merica, dan garam hingga rata.
  • Tambahkan bahan lainnya, aduk rata.
  • Goreng sesendok demi sesendok hingga kuning dan kering. Angkat dan tiriskan.

Penyajian :

  • Sajikan hangat dengan cabai rawit
  • Untuk 10 buah

Labels: ,

14 Comments:

At March 18, 2007 7:40 AM, Anonymous Joan said...

Cireng kok isinya aneh-aneh? Demi merambah pasar Jakarta (yang berimigrasi ke Bandung tiap wiken) kali ya?

Eh Bun, thanks buat resepnya. Senin ngemil, ah...

 
At March 19, 2007 9:39 PM, Blogger Iman Brotoseno said...

yang jualan di cipaganti khan saudara saya he he

 
At March 20, 2007 10:23 AM, Anonymous www.TOPBGT.com said...

wah.. jadi pengen ke bandung nehh... laperrrrrrrrr.. hehehe

 
At March 21, 2007 6:18 PM, Anonymous sherief said...

topbgt dot com: sama nih, jadi pengen cepet-cepet liburan ke bandung dan makan cireng lagi sepuasnya...

tapi anakku?!?

 
At March 22, 2007 11:16 PM, Blogger NiLA Obsidian said...

whuaaaaaa......cireng cipagantiiiiiiii........mauuuuuuu....meni sampe ngecesss ginih ngebayanginnya....
salam kenal dari bekasi (urang bandung yg ada di bekasi) hehe

 
At March 24, 2007 6:50 PM, Anonymous oon said...

bukannya cipaganti itu sejenis travel end?
ups...ini topiknya cireng ding!
comro-nya sekalian dong dibahas

 
At March 24, 2007 6:56 PM, Anonymous endhoot said...

Joan :
udah jadi ngemil cireng di Jerman, Jo?

Iman :
wah! bisa diskon nih! hihihihi...

topbgt :
sok atuh ke bandung

Sherief :
anakmu? ya diajak jalan2 ke bandung dong, kan tantenya yang ini pengen ketemu

Nila :
kan 2 jam perjalanan aja tuh Bekasi-Bandung, daripada ngences2 ga karuan :p

Oon :
berhubung aku ga terlalu suka ama comro yaa... ga dibahas deh... ;))

 
At March 27, 2007 8:50 AM, Anonymous Yudhis said...

wah ada resep, manteb nih ntuk diminta dibuat istri :D

 
At March 27, 2007 4:21 PM, Blogger devy said...

Cireng = Aci digoreng, secara linguistik (eh, bener ngga yah?!), aci itu kan asalnya dari basa sunda, jadi kemungkinan besar cireng asalnya dari sunda - ngga mungkin lah cireng itu asli jakarta.





*komen sambil gigit cireng*

 
At April 16, 2007 7:04 PM, Anonymous cireng lover said...

cobain deh cirenganeh malem2 di jalan cibadak, dijamin ketagihan. Harganya sih emang lebih mahal dari yg laen tp rasaaaaanya coi..keren ada websitenya lg www.cirenganeh.com

 
At November 23, 2007 4:17 PM, Anonymous auliahazza said...

Kalau bukan asalnya dari jakarta, dihapus saja. Kan Wiki bisa dihapus.

 
At June 08, 2008 9:35 PM, Anonymous Anonymous said...

cireng yang terbaru lo mesti cobain...namanya istana cireng,asyik banget dilidah dan bukan cireng biasa....lo boleh tlp di 022 92045440

 
At June 07, 2009 7:09 AM, Blogger Cireng Bandung Isi said...

Buat yg tinggal diseputaran Jakarta, sudah ada Cireng Bandung Isi buat di icip2, untuk detil dimana aja lokasinya, mangga di klik cirengbandungisi.blgospot.com

 
At February 21, 2010 1:05 PM, Anonymous toko furniture said...

mending beli aja. tinggal makan.

 

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home

Wall of Sh[F]ame