[ endhoot ]

endhoot at the first time being BLOGger was so GO-BLOG for nge-BLOG in the BLOGspot and made a JE-BLOG one

Wednesday, January 28, 2009

Masuk PR, Cuy!

Masuk media lagi. Kali ini di koran Pikiran Rakyat pada Rabu, 28 Januari 2009, versi cetak di bagian Gaya Hidup di halaman 27, versi online ada di sini (sebagian aku kupipes di bawah, yang ada akunya dowang sih ya... hihiihhi...).



Habis "Ngeblog" Terbitlah "Ngeplurk"

ADA fenomena menarik setahun belakangan ini. Jejaring sosial tak hanya menemukan bentuknya pada situs web pertemanan makro seperti Friendster, Facebook, atau Blog, namun merambah pada microblogging.

Mikrobloging sendiri, merupakan aktivitas ngeblog dengan posting-posting singkat yang tak lebih dari 140 karakter, layaknya running text. Di sana, seseorang bisa menceritakan aktivitas yang sedang dilakukan, seperti sedang berpikir apa, sedang apa, ingin apa, dan semacamnya. Oleh kontak yang lain, status plurker bisa dikomentari. Di sanalah letak jejaring sosial berada.

Salah seorang plurker (sebutan untuk pengguna Plurk-red.) senior Bandung, Rahmadian Lestari Arbianita atau yang akrab disapa Endhoot, mendapatkan banyak pengalaman menarik seputar penggunaan Plurk. "Kalau ngeblog kan biasanya tulisan harus dalam, kalau di Plurk bisa pendek-pendek, seperti update status, hanya untuk ngasih tau," kata Endhoot, yang mulai ngeplurk sejak Juni 2008 lalu.

Oke, masih belum mendapatkan keasyikan Plurk? Imbalan berupa poin karma barangkali bisa membuat anda lebih termotivasi dalam aktivitas Plurk. Semakin anda aktif membuat posting dan mengomentari posting Plurk orang lain, poin karma akan semakin tinggi. Semakin tinggi karma, pengguna bisa mendapatkan pilihan karakter dan emoticon beragam pula.

Nilai tertinggi adalah 100. Namun, ketika menginjak poin karma 81, pengguna akan mendapatkan keistimewaan memperoleh status "nirvana". Namun hati-hati, jika pengguna lengah dan tidak membuka akun Plurk sehari saja, poin karma bisa turun dengan drastis.

Menurut Endhoot, yang kini sudah mencapai "nirvana" dan sedang bertengger di poin 100, karma bisa naik dengan mudah di posisi awal. "Tapi semakin tinggi karma, makin susah naiknya. Kalau karma sudah di atas 90, biasanya setiap naik cuma 0,02, sedangkan kalau karma di atas 95, naiknya cuma 0,01. Tapi kalau nggak update sehari aja, turunnya lebih kejam, bisa 1,6. Rugi deh," ucap Endhoot, yang juga dijuluki sebagai Bunda plurker ini.

Plurk lebih unik

Menurut Rendy Maulana, fenomena menemukan jejaring sosial lewat microblogging sebenarnya sudah merebak sejak munculnya Kronologis. "Waktu itu temen saya yang bikin, namanya Kukuh, sekitar 2005. Tapi untuk branding, namanya diganti jadi Kronologger sejak 2007. Member-nya sekarang lebih dari 6.000 orang. Dan itu jumlah yang banyak untuk microblogging lokal," kata Rendy.

Rendy yang juga merupakan seorang plurker, mengatakan bahwa salah satu keunggulan yang membuat Plurk makin populer adalah fungsinya yang juga bisa digunakan sebagai media chatting. Popularitas Kronologger dan Plurk juga diakui Ikhlasul Amal. "Fiturnya Kronologger hampir sama dengan Plurk. Tapi, memang Plurk lebih unik," kata Ikhlas. Plurk sendiri, mulai muncul pada Mei 2008.

"Kalau di Plurk, layout-nya horizontal, dan itu terobosan. Orang sekarang kan sudah lupa dengan layout seperti itu," kata Ikhlas. Selain itu, ada beberapa keunggulan fitur Plurk jika dibandingkan dengan microblogging sejenis, seperti Twitter atau Kronologger. Misalnya tampilan unik berbentuk garis waktu grafis dan personalisasi tampilan.

Sayangnya, popularitas yang semakin muncul pada microblogging seperti Plurk, tidak diimbangi dengan popularitas penggunanya terhadap blog. Setidaknya, hal itu diakui Ikhlas. "Media blog memang diciptakan untuk orang-orang yang suka menulis. Harusnya kan kalau seseorang meng-update status di Plurk, terus diikuti oleh postingan yang lebih panjang dalam bentuk blog. Tapi ini tidak, sekarang banyak orang yang sudah mulai malas ngeblog karena lebih menemukan banyak kemudahan dan lebih simpel di Plurk," kata Ikhlas. (Endah Asih/"PR")***

Dan Hanifa ikut juga terpampang:

Facebook untuk Permainan
Ardiani Hanifa Audwina (12), Siswa kelas VI SD

"Aku pilih Facebook. Soalnya lebih senang aja, banyak permainannya. Biasanya aku paling suka main Pet Society, semacam permainan untuk merawat binatang. Aku suka main itu soalnya itu kan kayak bisa buat ngelatih tanggung jawab aja. Tetapi kalau main Facebook untuk nyari teman, kayaknya sih biasa aja. Soalnya teman-temanku di sekolah jarang ada yang kenal Facebook. Jumlah temanku di Facebook juga baru 100-an. Dalam sehari, aku main Facebook bisa 5 jam kalau lagi libur. Tetapi, kalau hari sekolah, paling cuma 2 jam aja. Soalnya suka dimarahi kalau main kelamaan." (Endah Asih/"PR")***

Labels:

12 Comments:

At January 28, 2009 5:53 PM, Anonymous fenny said...

piwit piwittt.... bsok syuting dimana bun? *kali aja niak peringkat, masuk inpotemen*

 
At January 28, 2009 7:47 PM, Blogger Ace said...

kayaknya tiap kopdar perlu ngundang wartawan dulu deh...


*berasa kermit*

 
At January 28, 2009 11:22 PM, Anonymous bayuhebat said...

ada akyuuuu disituuu

 
At January 30, 2009 3:35 AM, Anonymous ichanx said...

foto gw kecil banget... huhuhu

 
At January 30, 2009 11:23 AM, Anonymous endhoot said...

to Fenny:
Fen, dulu kamu pas sebulan di Bandung gak sempet ke Waroeng Unagi ya? asyik loh tempatnya...tanya moh ama si Ichanx yang langsung jatuh cinta.

to Anom:
boleh juga tuh usulmu, Nom... hihiihihih...

to Bayu:
kok ndak ada poto close up-kyuuuuu???? huhuhuhuu...

to Ichanx:
masih untunglah, Chanx... kamu ndak diwawancara tapi ada potonya... hehehhee...

 
At January 30, 2009 5:08 PM, Anonymous rd Limosin said...

weleh, bundha tambah terkenal!! cuit-cuit

 
At February 02, 2009 1:38 AM, Anonymous anto84 said...

wah salam kenal ya bu..salam dari anak semarang,jangn lupa maen keblogku bu

 
At February 07, 2009 8:14 AM, Anonymous kw said...

selamat. hebat
siap-siap dikerubuti fans.....

 
At February 13, 2009 2:26 PM, Anonymous -GoenRock said...

Aku ndak mudeng Facebook, Plurk atau Blog. Aku bisanya FS-an jeh :-|

 
At February 16, 2009 1:16 PM, Anonymous Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009 said...

wah seru tuh....
selamat ye....

 
At February 19, 2009 10:26 PM, Anonymous uki said...

hello mas endhoot salam kenal wae yo.,.,.,keren tuh mas.,

 
At March 07, 2009 2:57 AM, Anonymous tito said...

hihi.. master nya mampir jg, nemu dijln lgsng copas, keren bgt liat kang endhoot udh jd seleb hehe..

 

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home

Wall of Sh[F]ame