[ endhoot ]

endhoot at the first time being BLOGger was so GO-BLOG for nge-BLOG in the BLOGspot and made a JE-BLOG one

Saturday, September 02, 2006

Bluebird di Bandung

Minggu lalu, aku sempet 2x pulang malem dari kantor naik taksi, yang pertama karena dah lewat jam angkot, yang kedua karena ada kerjaan. Pastilah diusahakan untuk memilih Blue Bird lha wong udah malem, eh pagi (ucap supirnya...hihiihih). Waktu itu dini hari, pukul 00.15-an, eh aku dapet mobil yang sama dengan yang pertama yang mana juga sama supirnya, ngobrollah kita.

Ternyata per 15 Agustus 2006 argo minimum dah naik, dari Rp 4.000,- ke Rp 5.000,- dan tarif per 100 meternya dari Rp 200,- ke Rp 250,- Kenaikan itu terjadi karena Blue Bird didemo lagi oleh taksi lainnya, dan menyebabkan 3 taksi Blue Bird hancur. Permintaan kenaikan tarif baru dikabulkan sekarang setelah didemo untuk yang kedua kalinya, tapi untuk pengurangan jumlah armada dari 200 ke 100 aku belum tau kabarnya. Sedangkan waktu operasinya sekarang udah 24 jam, dulu kan hanya sampai jam 12 malam, hanya saja kalo malem jumlah yang beroperasi sedikit.

Aku juga nanya2 tentang setoran. Sehari semalam (24 jam) terbagi 2 shift, 6 pagi - 12 malam dan 3 sore - 9 pagi. Setoran minimal 1 shift adalah Rp 361.000,- Dari cerita yang aku dengar sepertinya si supir dapet 30% dari kotor kemudian 30% yang dia dapet itu masih harus dikurangi biaya bensin = netto supir. Waktu itu dia mencontohkan bahwa netto sekitar Rp 15.000,-/shift, jadi sebulan cuma dapet Rp 450.000,-. Kalo pendapatan kotor kurang dari minimal setor, ada itung2annya sendiri lagi. Dan dalam sebulan si supir bisa aja dapet bonus sekitar Rp 100.000,-an kalo dia bisa mencapai target pendapatan total sebulan sebesar 6 juta-an... ato berapa ya... hihihiih... pas bagian ini aku ga konsen karena ngantuk dan sibuk mikir kerjaan.

Jadi kesimpulannya : Supir taksi itu kerjaan yang berat.

Info :
- Telp. Blue Bird di Bandung 022-7561234
- Perbandingan kenaikan tarif taksi dengan jarak kantorku - rumahku : sebelum BBM naik adalah Rp 10.000,- (9 rebuan sih, tapi aku buletin ke atas jadi 10 rebu), setelah BBM naik adalah Rp 15.000,- (biasanya sih sekitar 13 rebu, mentok ke 14 rebu sekian, dan lagi2 aku buletin menjadi 15 rebu), setelah didemo menjadi Rp 17.000,- (16 rebuan sih), dan ini dengan kondisi di atas jam 9 malem ya, di saat jalan dah sepi.

3 Comments:

At September 02, 2006 8:22 PM, Anonymous hericz said...

Biasanya juga naik ojek tho mbak :d

 
At September 02, 2006 10:05 PM, Blogger Anang said...

Berat banget memang. Semua kerjaan berat, tidak ada yang tidak berat.. Asal diniati dengan sungguh-sungguh maka akan berpahala...

 
At September 03, 2006 5:51 AM, Anonymous feha said...

duh sopir taksi lain di Bandung kok yah cara bersaingnya gak sehat gitu yah?

 

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home

Wall of Sh[F]ame