[ endhoot ]

endhoot at the first time being BLOGger was so GO-BLOG for nge-BLOG in the BLOGspot and made a JE-BLOG one

Saturday, September 02, 2006

Resep : Es Kacang Merah


Bila makan pempek di Pak Raden, pasti minumnya paling asyik dengan Es Kacang Merah. Waktu itu lunch ama Susur, dan malemnya aku cerita ke Abi, dan Abi masih terheran2 kacang merah dibikin es, karena selama ini dia taunya kacang merah itu untuk sayur (sayur asem, sop). Dan ketika ke Pak Raden lagi bareng ama Deden, kuabadikan es tersebut demi untuk bukti kepada Abi :D

Segar dan manis es ini, sekaligus mengenyangkan karena kacang merahnya yang cukup banyak, dan inilah resepnya :

Bahan :
- 200 gr kacang merah, rendam selama ± 3 jam, angkat dan tiriskan
- 1000 ml air
- 150 gr gula batu (jika suka manis bisa ditambah sesuai selera)
- ¼ sdt garam
- 2 lembar daun pandan, robek-robek
- es batu (es serut) secukupnya

Kuah Santan :
- 150 ml santan kental
- 1 lembar daun pandan, robek-robek
- ½ sdt tepung maizena, larutkan dengan sedikit air

Cara membuat :
1. Rebus air, kacang merah, gula batu, garam dan daun pandan sampai mendidih. Kecilkan api kompor, masak terus hingga kacang merah matang dan lunak. Angkat.
2. Kuah Santan : Rebus santan bersama daun pandan sampai mendidih. Lalu kentalkan dengan tepung maizena yang sudah diberi sedikit air.
3. Sebelum dihidangkan, masukkan kacang merah dalam mangkuk/gelas, masukkan es batu/es serut siram atasnya dengan kuah santan.

Resep didapet di sini setelah gugling. Terima kasih buat resep.dekap.com


Komen :
Ditambahi dengan susu kental manis (putih ato coklat) sepertinya akan lebih enak, karena Es Kacang Merah yang di Pak Raden itu ada rasa susunya, bisa dipastikan ada tambahan susu kental manis-nya.

Labels:

10 Comments:

At September 02, 2006 11:33 PM, Anonymous Abi said...

Gak, gak. Kacang merah itu buat sayur!!

 
At September 04, 2006 11:13 AM, Anonymous lea said...

buka puasa pke ea kacang merah aaaaaaaah...

pulang kantor mampir ah ke pak raden tebet

 
At September 04, 2006 11:21 AM, Anonymous ario dipoyono said...

uenak bagi-bagi dong

 
At September 04, 2006 12:49 PM, Anonymous gaussac said...

wah...wah...kebeneran nih lagi laper berat...belon makan siang....lumayan boeat menu penutup...coba resepnya dicopy ya, biar istri saya yang bikin...:D

 
At September 05, 2006 8:20 AM, Anonymous adis said...

waaaaksss ngilerrr
*ngikut lea ke pak raden tebet*

 
At September 07, 2006 8:35 PM, Blogger Joanie Mack said...

Bunda, kalau sharing resep, mohon yang bisa diaplikasikan di sini (tanpa membuat dompet jadi tipis). Hihihi...

 
At September 20, 2008 5:41 PM, Anonymous RICARDO said...

TEMAN JANGAN LUPA TAMBAHKAN LINKKU KEBLOGMU OKAY

 
At September 23, 2008 3:49 PM, Anonymous Anonymous said...

wuih.. umi mila,hebat lho!! ada aja idenya. ntar djakarta buat resto yuuk..biar kamu bisa menyalurkan bakat terpendammu slama ini..hehehehehehehehehehehe.. (^_^)

 
At November 21, 2008 4:07 PM, Anonymous Anonymous said...

panas-panas gini enaknya nyruput es kacang merah pa nyusssss.....

 
At May 05, 2011 12:23 PM, Blogger QQz said...

Saya udah nyobain resepnya sendiri dirumah, eh tapi ga berhasil nih...si kacangnya malah engga empuk gitu..tp skrg sudah tau gimana cara ngakalinnya...rahasianya saya postingin di sini krishnaprettyekarina.blogspot.com hehe sekalian promosi..

 

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home

Wall of Sh[F]ame