[ endhoot ]

endhoot at the first time being BLOGger was so GO-BLOG for nge-BLOG in the BLOGspot and made a JE-BLOG one

Wednesday, August 12, 2009

[basbang] Trip to Palembang - Day 2

Hari 2
Sabtu, 7 Juni 2008

Ya ya ya... bangun agak kesiangan :D langsung sarapan ama bubur ala Palembang, yaitu bubur ayam pake kuah kari. Kata Rieri sih harusnya kuah semur. Hhhmm... kayak di Surabaya aja, bubur ayam pake kuah, kuah soto tapinya. Ya aneh-aneh gimana gitu deh rasanya, jadi tambah encer aja tuh bubur dipakein kuah.

Setelah nganterin sang calon penganten ke perias untuk milih baju dan ke salon, aku turun di tengah jalan buat janjian ama dik Iman dan nengDJ. Selama menunggu tiap kali ada bis kota lewat pasti akan terdengar suara musik yang berdentam-dentam saking kerasnya. Ternyata hal tersebut adalah tren yang entah sesa(a)t ato enggak. Aku ga bisa bayangin kalo berada di dalam bis kota itu, kuping mungkin akan terasa pekak (bila tak biasa) oleh hingar bingarnya house music, serasa di dalam diskotik saja.

Jemputan pun datang, kita segera melaju ke arah tempat makan, lagian juga udah waktunya makan siang kok. Yak wisata kuliner dimulai. Pertama-tama kita nyobain Pindang Patin yang berada di jl. Angkatan 45, 45 di sini bukan merupakan nomer rumahnya loh ya tapi emang nama jalannya seperti itu. Disebut pindang tuh karena ikannya berkuah, padahal kalo di Jawa pindang itu artinya digarami eh diasin eh ya gitu deh tapi bukan menjadi ikan asin yg mana kering dan kriuk kalo digoreng. Harga pindang patin sekitar Rp 9.500,-an untuk 1 porsi. Kuahnya berasa seperti kuah sayur asem tapi ada rasa pedesnya. Untuk ikannya aku ga masalah, enak kok. Tapi kalo untuk kuahnya aku merasa kurang cocok karena emang ga terbiasa makan masakan ikan berkuah seperti itu. Aneh aja. Ga lupa nyobain Brengkes Tempoyak, yaitu ikan dipepes dengan bumbu durian. Beuh... baunya susah ilang. Rasa bumbu duriannya ini yang gak banget di lidahku. Untuk mengurangi rasa duriannya, brengkes tempoyak ini dicocol ke sambal mangga muda ato sambal terasi. Tapi it's okay, kalo ga gini ya gak akan tau gimana rasanya makanan2 tersebut. Dan untungnya lagi 1 porsi itu dimakan berdua aku dan Putri (Ncis) adiknya dik Iman.

Selesai makan, kita berkunjung2 dulu ke sodara2nya dik Iman. Dan dik Iman pun masih sempet2nya berenang2 dulu... aarrgghhhh... aku juga pengen ikut nyebur buat ngadem, apa daya kalo aku ikut nyebur bisa bikin tuh kolam jadi sirop deh. Hhhmmm... photo dik Iman yang entuh posting gak yaaaa... *muncul gambar iblis di atas kepala*

Jam 4 kita berger lagi dengan dipandu 3 orang sepupu (Dita, Mita, Tata) dan 1 temen (eh temen? "temen" deh kayaknya) dari sepupunya mBu, kali ini tujuannya ke Ampera dan BKB (Benteng Kuto Besak). Langit tampak mendung, enak sih jadi bikin ga terlalu panas dan gerah. Di sepanjang jalan aku liat banyak spanduk yang bertuliskan “Mari pertahankan gelar kota Adipura” yaaa... something like that lah... ternyata aku baru nyadar bahwa Palembang kotanya bersiiiihhh banget, jarang terlihat sampah2 di jalan2, ga seperti Bandung *sigh*.

Nyampe di Ampera (orang Palembang nyebutnya Proyek), yang ternyata sebelahan ama BKB, kita langsung photo2 dwuongs aw. Tapi niyat untuk wisata air aka naik ketek eh getek di sungai Musi belum kesampaian karena angin yang agak kencang dan mendung yg tampak gelap bikin ati kuatir juga kalo nekad. BKB ternyata (katanya) sekarang jadi perumahan tentara, jadi kita ga bisa masuk lagi ke dalam benteng. Eh bener gak sih info ini?

Tukang potonya:

Ga puas photo2 dari satu sudut, kita berpindah ke sebrang sungai untuk mencari sudut lain. Melalui Kampung Kapiten, kita ngeliat Ampera dari sudut lain, dari sudut Restoran Terapung yang katanya milik Helmy Yahya yang mana dia juga akan membangun hotel di bagian ini. Kalo ga gerimis dan mulai menggelap sepertinya kita masih akan melanjutkan sesi photo2 dari sudut ini.

Adzan Maghrib berkumandang, kita menuju ke Mesjid Agung untuk beribadah dan melanjutkan sesi pemotretan di air mancur yang berada di depan mesjid. Kirain kami udah termasuk norak dengan memberanikan diri photo2 di air mancur, ternyata air mancur ini emang salah satu obyek juga. Jadi kita ga pake malu2 lagi untuk berpose, lumayan basah sih setelahnya karena kecipratan air mancur yang terbawa angin.

Perut mulai berbunyi minta diisi, kita beranjak untuk melanjutkan wisata kuliner. Karena tempat yang dituju sudah abis menu yang kita pengeni, terpaksa kita ke foodcourt Selera Kita. Di sini aku ngerasain yang namanya Model dan Pempek Panggang serta ga lupa Es Kacang. Cukup disebut es kacang saja karena itu udah pasti adalah es kacang merah seperti yang aku suka beli di Pempek Pak Raden yang di Bandung. Ok, review kuliner kali ini adalah pertama Pempek Panggang yang merupakan salah satu varian dari pempek, sesuai namanya pempek ini dipanggang, bisa polos tanpa isi ato dengan isi berupa udang pedas (kayak oncom gitu deh). Cara makannya tetep pake cuka kecap itu. Rasanya... ya namanya aja pempek ya pasti rasa pempek lah, cuman dia terasa lebih pedas bila pake isi. Kedua adalah Model. Gara2 model ini kita jadi punya pepatah eh motto eh apa ya cocoknya... yaitu INGIN JADI MODEL? TINGGAL TAMBAHKAN CUKA, KECAP, DAN SAMBAL. Jadi kalo kalian pengen jadi model, you know what to do now. Untuk model ini adalah pempek isi tahu dengan memakai kuah kaldu udang. Aku belum menemukan di mana enaknya model ini padahal udah aku tambahin cuka, kecap, dan sambel, mungkin komposisi campuranku ga bisa menghasilkan rasa yang tepat. Ketiga adalah Es Kacang Merah. Hhhmmm... rasanya sepertinya masih lebih enak yang di pempek Pak Raden yang di Bandung deh.

Semakin malam, perut telah kenyang, waktunya untuk segera pulang, mandi dan tidur. Besoknya harus bangun pagi untuk menyaksikan akad nikahnya Deden dan Rieri. Malam kedua akupun tertidur nyenyak setelah sign up terlebih dahulu ke plurk.

Link related:
- [basbang] Trip to Palembang - Day 1
- [basbang] Trip to Palembang - Day 3
- [basbang] Trip to Palembang - Day 4
- [basbang] Trip to Palembang - Day 5

Labels: , , , ,

1 Comments:

At August 13, 2009 10:25 PM, Blogger NengDJ said...

hehe..agak ngerenyeess ke hati..kangen dah ama pempek..:P