[ endhoot ]

endhoot at the first time being BLOGger was so GO-BLOG for nge-BLOG in the BLOGspot and made a JE-BLOG one

Wednesday, August 12, 2009

[basbang] Trip to Palembang - Day 4

Hari 4
Senin, 9 Juni 2008

Aku booking Ardy seharian untuk jadi tour guide. Sebelum memulai wisata di hari Senin ini, kita disuguhi tekwan oleh tuan rumah. Jam 11.00-an aku dan Ardy dengan bersepeda motor mulai meluncur membelah kota Palembang. Tujuan pertama adalah ke Model H. Dowa, yang pada Sabtu sebelumnya gagal aku cicipi. Siang-siang sinar matahari memancar dengan teriknya, aku makan Model yang dimakannya harus dalam keadaan panas/hangat. Hhhmm... enak. Kuahnya udah dicampur sekalian dengan cuka dan kecap, dan pas di lidah.



Wisata lanjut ke Universitas Sriwijaya, ke Kokesma tepatnya yang terletak di bagian depan kampus. Cari2 aja kali2 ada kawos ato stiker yang bisa dibeli, dan ternyata emang iya... sekedar buat kenang2an aja. Hihihihihhihii... kurang kerjaan!



Kemudian kita menuju ke PIM, Pondok eh... Palembang Indah Mall, mo ngadem aja sih sambil nunggu agak sorean untuk wisata air. Tapi kalo cuman jalan2 doang di mall ya kelamaan, akhirnya nengok ke 21. Eh ada Indiana Jones 4 maen... hhmmmm... nonton yuk, Dy! Si Ardy belum nonton juga ternyata. Jam maen masih agak lama, akhirnya kita ke tempat temen Ardy yang jualan kawos2 Palembang. Ketemu dengan mbak Lies yang punya website di www.palembangcity.com. Sayangnya kawos2 yang aku pengeni lagi abis, sedangkan stok yang ada kebanyakan untuk supporter sepak bola Palembang... eh apa nama kesebelasannya? Akhirnya aku pesen beberapa desain yang sedang dalam tahap produksi dan nanti kawos2nya akan dikirim ke Bandung. Setelah beres dengan kawos, kita segera balik ke PIM untuk nonton.




Weh... aku dianggap tamu euy... hihihiih...
http://palembangcity.com/?p=79

Disain2 kawosnya:
http://palembangcity.com/?cat=12

Beres nonton jam 16.00-an langsung deh kita ke Ampera lagi. Kali rencananya pengen wisata air alias naek getek (bermotor) sepanjang sungai Musi. Eh bukan sepanjang ya... tapi menyusuri bbrp kilometer dari sungai. Liat-liat tarif, kita milih yang paling murah aja, Rp15.000,00 per orang PP ke Pulau Kemarau. Karena pengunjung sepi, si tukang getek minta diborong geteknya untuk 5 orang... what??? That's too expensive!! Ditawar kena 50 rebu untuk berdua aja. Yo wis lah gpp, kesian juga sih. Dan mulailah petualangan kita naek getek.





Melewati bawah jembatan Ampera, saling berpapasan dengan getek laen, memperhatikan air sungai Musi yang coklat dan bau, menghindari eceng gondok yang hanyut oleh arus sungai, sambil aku wawancara si tukang getek tentang sungai Musi ini. Dengan lebar sungai sekitar 300 meter dan kedalaman 20 meter, sungai Musi dapat dilewati oleh kapal2 sebesar feri dengan salah satu tujuannya ke Bangka. Sungai ini juga terdapat banyak ikan yang bisa dikonsumsi oleh penduduk di pinggir sungai. Dan menurut wikipedia, panjang sungai ini adalah 750 km.











Sempet berhenti sebentar buat ngisi bahan bakar ni getek:



Melewati pabrik pupuk Sriwijaya ato lebih dikenal dengan pupuk Pusri, tampaklah pulau Kemarau. Sebuah pulau kecil dengan diameter sekitar 1 km dan berjarak sekitar 3 km dari Ampera (kata tukang getek), pulau yang akan sangat ramai di bulan Februari ato lebih tepatnya adalah pada saat Imlek karena di pulau ini terdapat pagoda dan tempat kaum Tionghoa bersembahyang.















Gak terasa jam udah di angka 17.00, kita segera berayun2 lagi dengan getek balik ke Ampera. Perjalanan pulang terasa lebih lama, ternyata getek melawan arus sungai. Mendung gelap mulai tampak, dan photo2 makin blur saja, ah gpp yang penting hepi :) Nyampe ke daratan lagi sekitar jam 18.00 dengan sedikit rasa kecewa karena sampe jam segitu yang udah termasuk gelap, lampu2 di Ampera belum dinyalain. Ternyata lampu2 itu baru akan nyala jam 20.00-an... huuuuuu... padahal sempet pengen mo photo2 masih di getek dengan latar belakang Ampera yang berlampu, gagal deh.








Bergegas kita menuju ke .... eh apa namanya... kok aku lupa.... untuk makan malam dan kopdar dengan para blogger Palembang yang tergabung dalam komunitas Wongkito dengan blog-nya wongkito.net. Pengennya makan di tempat yg nyediain makanan khas Palembang, eh ternyata tempat kopdar-nya di Ayam Penyet Ria. Weleh... weleh.... hiihihihihih.... Aku ketemu dan kenalan dengan bbrp blogger Palembang, yaitu :



Ouja – si mirip Wesly, kacamataan, gondrong, dan ga pernah lepas jaket. Si Jafis dg web-nya jav.is auehgauheahiah... bukan deng, dan beberapa yang lainnya.




Deden dan Rieri ikut nyusul kopdar. Kita haha hehe juga. Dan bbrp blogger ini ternyata lucu2 juga. Ada satu malah udah sempet minta join masuk id-gmail, cuman dia belum klik apprup-nya kayaknya. Di milis mereka pun ada junk juga, ada ospek juga untuk member baru, dan bila lulus namanya Pecah Telok.





Hari yang sangat berkesan: petualangan dan teman2 baru. Makasih buat Ardy yang udah rela nemenin aku kliling2 Palembang. Balik ke rumah, mandi, dan di malam terakhir di Palembang ini aku ga bisa tidur!!! Ga tau kenapa, akhirnya jam 02.00-03.00-an baru bisa tidur.



Link related:
- [basbang] Trip to Palembang - Day 1
- [basbang] Trip to Palembang - Day 2
- [basbang] Trip to Palembang - Day 3
- [basbang] Trip to Palembang - Day 5

Labels: , , , ,

3 Comments:

At August 12, 2009 2:17 PM, Anonymous rd Limosin said...

akhirnya diposting jg :P

 
At August 13, 2009 1:41 PM, OpenID coffeeoriental said...

semoga perjalanannya dinikmati, bukan karena nikmati foto-fotonya :)

 
At August 14, 2009 6:59 PM, Anonymous endhoot said...

jelas menikmati lah

 

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home

Wall of Sh[F]ame