[ endhoot ]

endhoot at the first time being BLOGger was so GO-BLOG for nge-BLOG in the BLOGspot and made a JE-BLOG one

Thursday, May 13, 2010

Indekos

in·de·kos v cak tinggal di rumah orang lain dng atau tanpa makan (dng membayar setiap bulan); memondok: tetangga saya tidak menerima orang -- , hanya menyewakan kamar
Sumber: KBBI dan Kateglo

Siapa di antara kalian yang pernah merasakan nge-kos (kependekan dari indekos)?
Sampai dengan saat ini aku baru 2 kali merasakan kos. Dua2nya di Surabaya sih pada waktu aku kuliah di Unair. Setelah itu nebeng Bude (masih di Surabaya) dan nebeng mas bro di Bandung. Selain itu belum pernah nge-kos lagi.

Apa alasanmu untuk nge-kos?
For me, alasan pertama adalah karena aku kuliah di kota lain. Alasan kedua ,mencari lokasi yang dekat dengan tempat kuliah. Ada saudara sih tapi rumah mereka gak ada yang sedekat lokasi kos. Alasan ketiga, belajar mandiri. Dan alasan keempat, bebas dari rumah! LOL. Sebenernya sih waktu itu lagi bete aja di rumah, apalagi kan sempet nganggur setahun gara-gara UMPTN th 91 gagal aku tembus. Pede aja dengan masih fresh-nya ilmu di otak, jadi gak ambil cadangan di swasta sama sekali. Ternyata gagal! Jadi, dengan kos aku merasa bebas berbuat semaunya (bebas yang bertanggung jawab tentunya dong), mandiri, dan mengatur diri-sendiri, tanpa ada omelan dari nyokap... hehehehheee...

Berapa biaya kamu nge-kos?
Dua kali nge-kos, aku lupa yang pertama biayanya. Yang jelas waktu itu aku sekamar berdua. Tempat tidur susun, aku yang di atas (karena aku masuk belakangan), kamar mandi luar. Meja satu, kursi satu. Gantian dengan teman sekamar. Lemari satu tapi empat pintu (kalo gak salah inget) jadi bisa dipake masing2. Kipas angin, tentu saja, punya sendiri karena Surabaya itu panas!!! Emang gak nyari kamar yang ber-AC, mahal bok! Berapa ya kos pertama ini? 40 rebu per bulan kalo gak salah sih.
Lalu pindah kos. Kali ini yang sekamar sendiri. 60 ribu per bulan. Kamar mandi tetep luar. Meja kursi jadi bisa dipake sendiri, gak sharing. Lemari plastik, tapi kemudian diganti ama lemari kayu. Tempat tidur dan kasur dan bantal. Aku bawa lampu meja sendiri sekaligus buat lampu tidur biar gak gelap2 amat, karena ibu kos melarang tidur dengan lampu menyala. Eh iya, kamarku yang ini sebelahan dengan kamar ibu kos. Bawa radio-tape sendiri dan dibunyiin kecil banget karena ibu kos juga melarang nyetel radio/tape kalo pas tidur.

Berapa lama kamu nge-kos?
Kos-an pertama berumur kurleb 6 bulan saja karena ada beberapa hal yang membuat aku harus pindah. Lalu kos-an kedua berlangsung sekitar 3 tahunan. Udah betah dan males pindah2 lagi. Kompak pula seisi kos termasuk dengan anaknya ibu kos, yang gak kompak paling ama ibu kos-nya aja :p

Suka duka kamu nge-kos?
Ada suka tentu juga ada duka... ciyeehhh... Buanyak lah suka dukanya. Tapi semua itu sih dinikmati saja, mo suka maupun duka. Ya gak? Kalo yang suka tentu bikin hepi, kalo yangdukaya buat diambil hikmah dan pelajarannya.

Salah satu dukanya adalah pernah kehilangan duit, padahal kan kirimanku pas2an. Ternyata yg nyolong temen sekamar! Okay, akhirnya dia pindah. Eh lah kok masih ada yang ilang juga, ternyata temen sebelah kamar pelakunya. Beuh... Daripada daripada lebih baik mendingan mendingan to? Ya aku cabuts saja dari kos-an itu. Udah gitu sempet ibu kos gak percaya kalo aku kehilangan duit, sampe disuruh sumpah demi Tuhan segala. Yaoloooo... langsung esmosi diriku, gak pernah aku gak dipercaya orang sampe segitunya. Karena aku juga bukan orang yang dengan mudahnya bilang sumpah... sumpah... Karena sumpah itu bener2 diperlukan untuk diucapkan ke suatu hal yang bener2 penting. Langsung deh lapor ke bokap dan minta pindah kos-an.

Untuk sukanya... hhmm... banyaklah! Dapet temen2 baru dari berbagai jurusan disiplin ilmu. Pembelajaran untuk saling berbagi, untuk saling toleransi. Makan bareng, becanda bareng, nonton film bareng, jalan-jalan bareng. Nonton bokep bareng! Wakakakakakaaa... masih pake kaset VHS itu, nontonnya malem2, suara super duper kecil hampir tak terdengar, karena nontonnya di ruang TV yg mana itu TV nempel ke tembok kamar ibu kos!!! *guling2* dan lebih serunya lagi nontonnya bareng ama anak ibu kos yg cowok! Padahal ini adalah kos2an cewek. Tapi malah kita jadi diskusi. Sex education, tentunya tanpa praktek dong. Hihihihihi.... dan anak ibu kos tersebut akhirnya dapet istri dari yang nge-kos di situ. Gedang kepok gedang ijo, arek mondok dipek bojo! Ah.. sudah lama banget aku gak sowan ke ibu kos-ku itu. Gimana kabar beliau ya?

Ah jadi kangen Surabaya deh...

FYI, ternyata ada yang namanya Pulau Kos. Kos Island di Yunani sana. Wuih.. enak kali ya nge-kos di Kos Island? View-nya keren, cowok2nya ganteng2 pula... hhmmm...


Labels: ,

14 Comments:

At May 13, 2010 11:11 PM, Anonymous geblek said...

wih 91 sudah umptn doh saya bru masuk smp wkwkwkw
*sungkem*

 
At May 14, 2010 12:52 AM, Blogger endhoot said...

@geblek:
maksod looooooooooo????? :p

 
At May 14, 2010 12:56 AM, Anonymous Dhiemazt said...

91 saya masih kelas 1 SD.

*kabooorrrr*

 
At May 14, 2010 1:30 AM, Anonymous CronOS said...

wah taun 91 gue masih kelas 3 SMA. lho kok mirip :D

btw, kisah kos2an gue kalau ditulis mungkin bisa jadi sinetron 20 seri. hahah.

 
At May 14, 2010 1:34 AM, Blogger endhoot said...

@dhiemazt:
yaolooooooo... *gubrak*

@CronOS:
coba di-share sekali2 dong, om :)

 
At May 14, 2010 2:11 AM, Anonymous CronOS said...

jadi gini....





ah nggak jadi ah...
*ngilang lagi*

 
At May 14, 2010 8:57 AM, Blogger Nita said...

th 91 masih kelas satu SMP

 
At May 14, 2010 10:32 AM, Blogger endhoot said...

@CronOS:
ada hubungannya ama u*ud ndak?
*ikutan menghilang*

@Nita:
sama dong kamu ma Joko Geblek, Nit. Jangan2 kalian sekelas pula :p

 
At May 14, 2010 1:22 PM, Blogger Ace said...

tahun 91? masih tinggal ama ortu... masih esde... *tersipu*

 
At May 14, 2010 1:27 PM, Anonymous geblek said...

jiah nita nyama2in aja :D

 
At May 14, 2010 1:40 PM, Blogger endhoot said...

@anom:
kamu sekelas ama dhiemazt ya?

@geblek:
brarti jodoh!

 
At May 16, 2010 2:09 AM, Blogger MJ said...

Yunani lagi bankrut gitu kok malah Bunda berangan untuk kos di sana? =))

 
At May 16, 2010 1:23 PM, Blogger endhoot said...

@Mama Jo:
oh bangkrut nyak? trus jdai serba murah apa malah serba mahal? tapi kan tetep ganteng2 to cowok2nya :)

 
At July 15, 2011 5:27 AM, Anonymous VIVA-BOLA said...

pengen lebih hemat, sewa rumah aja bareng-bareng patungan ama tmen..

 

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home

Wall of Sh[F]ame