[ endhoot ]

endhoot at the first time being BLOGger was so GO-BLOG for nge-BLOG in the BLOGspot and made a JE-BLOG one

Thursday, May 06, 2010

Tangtangan: Kurangi Nasi

Sepertinya problem utama semua wanita di dunia itu sama ya. Berat Badan. Sebagian pengen nambah berat, sebagian (besar) lagi pengen nurunin berat.

Kesimpulan yang semena-mena sih :p Tapi ya kalo nanya ke aku ya jawabnya sih kemungkinan besar emang berat badan, selain problem yang satu lagi itu tuh :p Gimana enggak problem, coba ya kita urut kronologis angka-angkanya.

SMA (1988-1991) angka berkisar di 42-43. Kuliah (1992-1997) angka mulai naik ke 46-48. Kerja (sejak 1998-sekarang) angka tersebut melesat hampir mencapai 60. Oh damn! Bandung memang nyaman amat sangat sekali. Udara yang sejuk. Kuliner yang bertebaran di mana-mana. Kuliner yang memanjakan lidah. Plus faktor males olahraga juga ikut andil.

Berbagai cara (tapi belum semua) udah dipake. Yang terakhir pake totok. Mikirnya ditotok kayak di cerita2 silat/kungfu gitu. Ternyata cuman dicubit di perut, lengan atas, dan paha. Gak sampe memar sih lha emang bukan dicubit kok tapi kayak dicubit gitu. Dikasih teh yg berasal dari daun2an kering (entah dari taneman apa aja), juga minum kapsul yg berisi bubuk daun2an dari dia (daun ganja? :p). Dan mengurangi mengkonsumsi sambal/pedas, air dingin/apapun yg dingin, cuka, dan soda. Lumayan berhasil sih, bisa turun sampe 4-5 kilo gitu dalam sebulan. Terutama juga segala lingkar2 mengecil juga: lingak perut (ato pinggang ya?), lingkar paha, lingkar lengan. Paling keliatan ya di lingkar perut lah. Tapi berhubung waktu itu sebentar lagi Lebaran, yang mana mudik dan makan enak, berhubung masalah keuangan juga, akhirnya terapi ini dihentikan. Dan sekarang kembali menuju angka 60 lagi. Damn!!!

Udah gitu ntar sekitar akhir Juni aku diminta sepupuku untuk jadi penerima tamu di kawinan anaknya (berarti keponakanku), Juli ada kondangan, Agustus ada kondangan.... duuhhhh... hyuk mareeee kurus!

Jadi, aku mo challenge myself lagi. Kali ini tantangannya adalah Pantang Nasi selama bulan Mei 2010. Etapi dengan segera tantangan itu aku ralat menjadi Kurangi Nasi. Kalo ga makan nasi sama sekali dari mana akan dapat energi? Ya gak? Ya gak? Ya gak?

Kalo pantang nasi sepertinya terlalu ekstrim. Disarankan sih kurangi nasi/karbohidrat. Pagi usahakan untuk sarapan, siang makan secukupnya, malem hindari nasi. Dari kemaren udah mo mulai tapi kok kemaren badan masih rada ga fit. Hari ini mo mulai juga tapi kok lauknya ikan dan sambal dan tahu goreng. Eughhh.... Dan malem ini mo kopdar makan bebek di Warung Legoh di depan SMA Aloysius di jl. Sultan Agung No. 9, yang katanya enak, yang katanya murah. Aaarrgghhhhh....

note:
Sekrinsyut nyusul yak!

Dan ini sekrinsyutnya:


Update:
Sepertinya tadi malam aku lapar plus bebek bakar madu-nya enaaaakss!!! Manis dan empuk sekali daging bebeknya! Sambelnya juga sedap! Sehingga 1 porsi nasi lenyap ke dalam perutku, gagal niyatku untuk mengurangi nasi :p dan ketika tinggal 1 suapan terakhir, aku baru ingat kalo aku belum moto itu bebek bakar madunya!!!

Labels: , , , ,

9 Comments:

At May 06, 2010 6:45 PM, Blogger Andriansah said...

Nasinya jangan nambah pokoknya.
Lauk saja yang nambah, biar gak terlalu berat.

 
At May 06, 2010 6:48 PM, Blogger luluwartso said...

ya... rencana bagus dan matang mba... klo saya sih ya makan nasi cuma 2X sehari dengan rincian wakyu sebagai berikut: pagi 2X plus kopi, siang 2X plus es teh ma juice alpikat, trus malem 2X juga yang ni agak ringan sih mba...klo malem biasanya sih tjap cay dan atau bakmi jowo plus es jeruk ditambah lagi sendawa....hehehe...udah deh, mangkanya body saya tetep langsing, coba deeh....*bercanda loh mbak...jangan dipraktekkan beneran, tar nyesel loh, heheheehehe...

 
At May 06, 2010 7:07 PM, Anonymous kania said...

ikut !!! makan bebek !!!

 
At May 06, 2010 7:39 PM, Blogger MJ said...

Ah, Bunda, aku nggak ada masalah dengan berat, tuh! Padahal aku juga anggota dari yang Bunda tulis sebagai "semua wanita di dunia ini". :-D

Gini lho, Bun...
Nasi itu kalah sehat sama kentang. Apalagi kalau nasi putih, wah...mending pilih nasi merah atau nasi hitam aja.

Balik ke kentang, cobalah selama bulan Mei itu gantikan nasi dengan kentang rebus.
Jangan kentang goreng, ya, itu sih sama aja sama bohong! :-p
Kalau bosan sama kentang rebus, coba kentang panggang (tapi ingat, jangan banyak pakai mentega/lemak).

Kurangi yang berminyak-minyak. Yang digoreng-goreng gitu, dikurangi.

Perbanyak makan sayuran dan buah (durian nggak termasuk!) daripada makan daging.
Sayuran juga bagusnya kalau dikukus.

Makan tuh 5 kali sehari.
Sarapan usahakan gandum (supaya ada serat yang masuk ke tubuh), campur buah kering (cranberries, aprikot, dll) yang udah dipotong kecil, susu, dan buah segar.

Jam 10-an cemil tuh pisang atau apel, hehehe...

Terus makan siang ya dijaga.

Jam 16-an kembali cemil buah atau sayuran segar.

Terus ya makan malam juga nggak usah yang berat-berat. Cukup toh, roti oles mentega tipis dan madu atau keju.

Nanti kan kalau udah beratnya turun, tinggal dijaga aja.
Makan gorengan boleh lagi, tinggal dibatasin. :-D

 
At May 07, 2010 12:53 AM, Anonymous geblek said...

doh dadi ribet gitu sih bun
sini sini lemaknya, saya saja pengen gemuk baru sampe buncit aja nih :)

 
At May 07, 2010 9:33 AM, Anonymous Shasya Pashatama said...

jadi nasi yang niatnya mau dibagi 2 tadi malam itu habis juga ya? hahaha....
kita samaaa... aku juga lagi usaha mengurangi nasi. tapi susah banget soalnya nasi itu enak banget. enak dimakan pake bebek, enak dimakan pake sop buntut, enak pula dimakan pake lotek :)

itu ide kentang rebus nya boleh juga, mulai besok aku bawa kentang rebus ah kemana-mana :)
eh nggak besok deng, nanti aja tuntas PMS.
jiah belom apa-apa udah banyak excuse

 
At May 07, 2010 9:56 AM, Blogger M. Lim said...

sebelum makan minum air putih segelas. sesudah makan minum air putih segelas. dijamin kenyaaaang.

kalau pingin ngunyah, minum air putih segelas.

agak kembung sih, tapi jadi gak pengen makan banyak2 :P

 
At May 07, 2010 3:55 PM, Blogger d3vy said...

aaah.. aku juga mau diyeeeet... :(

 
At May 10, 2010 4:38 PM, Blogger endhoot said...

@andriansah:
siyap, pak!

@luluwartso:
hihihihhi... gpp 2x-2x juga, tapi tiap kalinya cuman 1 sendok makan :p

@kania:
hyuk!

@mama MJ:
Jo, ngeblog di mari yah? hihihihi...
kentang rebus? kepikiran juga sih. cocolin ke saus tomat + saus sambal ya, Jo? tambahin telur orak-arik + bawang putih + bawang bombay + merica... hhmm...
btw, thx tips-nya

@geblek:
andai bisa kutrasnfer lemakku ke kamu, jok. dengan senang hati deh :)

@shasya:
aku juga belum mulai nih, masih banyak godaan. dem!

@M. Lim:
tapi kan jadi beser! :p

@devy:
haiyah.. ikut2an aja :p

 

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home

Wall of Sh[F]ame